Cara Menghitung Luas Tanah Lengkap, Mudah dan Anti Pusing

Cara Menghitung Luas Tanah Lengkap, Mudah dan Anti Pusing

Tidak berlainan jauh dengan bangunan, langkah mengkalkulasi luas tanah juga dapat dikerjakan secara manual atau pakai aplikasi. Perhitungan ini berguna untuk memahami berapa ukuran bidang tanah tersebut agar berpengaruh terhadap nilai menjual dan harganya.

Begitu juga ketika Anda akan membangun rumah, luas tanah sudah pasti akan berpengaruh terhadap ukuran rumah. Asal memahami langkahnya, mengkalkulasi luas tanah memang tidak sulit. Untuk memudahkan Anda, lihat ulasan Prospeku tersebut mengenai beberapa langkah mengkalkulasi luas tanah.

Cara Menghitung Luas Tanah Secara Manual
Perhitungan luas tanah secara manual dikerjakan dengan mengaplikasikan rumus yang sesuai dengan bentuk tanah. Berikut langkah mengkalkulasi luas tanah berdasarkan bentuknya.

Tanah Berbentuk Persegi Panjang
Persegi panjang punya rumus luas panjang x lebar. Sama halnya untuk mengkalkulasi luas tanah berupa persegi panjang, Anda perlu menyimak berapa panjang dan lebarnya secara keseluruhan. Kemudian aplikasikan rumus berikut: menghitung luas tanah

Luas tanah = Panjang tanah x Lebar tanah

Contoh: Pak Ali punya sebidang tanah dengan panjang 13 meter dan lebarnya 7 meter.

Luas tanah = P x L = 13 x 7 = 91

Maka dari perhitungan tersebut diketahui bahwa luas tanah Pak Ali sebesar 91 meter persegi.

Tanah Berbentuk Segitiga
Setiap segi segitiga tidak selamanya sama, maka dari itu rumus segitiga pun bercabang. Ada segitiga mirip sisi, siku-siku dan sembarang. Sama halnya dengan tanah, tanah condong punya ukuran yang berlainan di tiap-tiap sisinya. Berikut langkah mengkalkulasi tanah yang berupa segitiga:

Tanah berupa segitiga siku-siku
Jika Anda punya tanah dengan bentuk segitiga siku-siku, maka Anda dapat pakai rumus tersebut ini:

Luas tanah = ½ x Alas x Tinggi jasa pengaspalan jalan 

Contoh:

Sebidang tanah di daerah Malang berupa segitiga siku-siku dengan panjang alas 4 meter dan tinggi 7 meter

Luas tanah = ½ x Alas x Tinggi = ½ x 4 x 7 = 14

Maka udah ditemukan bahwa tanah tersebut seluas 14 meter persegi.

Tanah berupa segitiga sembarang
Dikatakan sembarang sebab tanah ini punya ukuran yang berlainan di tiap-tiap sisinya. Jika Anda punya tanah dengan tiga segi yang berbeda, maka rumus yang digunakan untuk mengkalkulasi luasnya adalah:

Luas tanah = [s x (s-a) x (s-b) x (s-c)

Keterangan:

S merupakan keliling tanah, dapat Anda kalkulasi dengan rumus ½ (a+b+c)

Sedangkan a,b dan c merupakan tiap-tiap segi tanah.

Contoh: Jasa Pengukuran Tanah Jakarta

Pak Amir mempunyai tanah warisan dengan tiap-tiap sisinya 4 meter, 5 meter dan 8 meter.

Keliling tanah (s) = ½ (4+6+8) = 9

Luas tanah = [s x (s-a) x (s-b) x (s-c)

\= [9 x (9-4) x (9-6) x (9-8)

\= [9 x 5 x 3 x 1] = 135 = 11.6

Maka, luas tanah warisan Pak Amir sebesar 11,6 meter persegi.

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Aplikasi
Selain pakai rumus, langkah mengkalkulasi luas tanah dapat dikerjakan dengan aplikasi. Cara ini dinilai lebih canggih dan akurat agar akan memudahkan Anda didalam memilih luas tanah. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan, diantaranya:

Area Calculator
Meski dengan penampilan yang sederhana, namun aplikasi yang satu ini juga cukup canggih. Dengan Area Calculator, Anda hanya perlu menandai daerah yang akan dihitung dan hasilnya akan segera ditunjukkan. Data yang udah juga juga otomatis tersimpan agar memudahkan Anda untuk melihatnya kembali di lantas hari.

Cara Menghitung Luas Tanah dengan AutoCAD
Anda dapat mengunduh AutoCAD di perangkat Hp atau komputer. Aplikasi yang dikembangkan oleh Autodesk ini akan menopang sekaligus menghemat saat Anda didalam mengkalkulasi luas tanah. Berikut langkah mengkalkulasi luas tanah dengan AutoCAD:

Pertama-tama Anda bikin gambar pakai garis polyline agar garis menyatu secara keseluruhan.
Setelah garis terbentuk, klik terhadap gambar sampai seluruh terblok, sehabis ini Anda akan memandang garis yang di awalnya lurus jadi putus-putus.
Pada command section ketik pilihan ‘li’ lantas tekan enter
Terakhir, akan keluar penampilan yang berisi Info mengenai luas tanah yang dimaksud.
Cara Menghitung Luas Tanah dengan GPS
Teknologi yang semakin maju memudahkan Anda didalam mengkalkulasi luas properti. Cara mengkalkulasi luas tanah dengan GPS dapat dikerjakan kenakan dua aplikasi mobile, yakni GPS Fields Area Measure dan GPS Area Calculator.

GPS Fields Area Measure
Aplikasi ini ada dan dapat diunduh terhadap smartphone Android maupun iOS. GPS Fields Area Measure dapat digunakan untuk memahami jarak, mengukur luas, pengelolaan daerah dan perimeter. Hasil perhitungan luas tanah akan ditampilkan secara otomatis oleh aplikasi ini, Anda hanya perlu membuktikan daerah yang idamkan dihitung.

GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement
Dengan aplikasi ini Anda cukup memilih dua titik di peta, maka hasil perhitungan jarak dapat dilihat dengan mudah. Tidak heran jika aplikasi ini begitu populer, sebab kemampuannya didalam pemetaan daerah yang begitu cepat dan memberi tambahan hasil yang akurat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.