China Panen Matahari di Luar Angkasa, Alirkan Listrik ke Bumi

China Panen Matahari di Luar Angkasa, Alirkan Listrik ke Bumi

China merencanakan membangun solar panel di luar angkasa. Fasilitas berbasis darat di China termasuk dibangun untuk membuat perubahan kekuatan Matahari ke Bumi.
Fasilitas itu dijadwalkan selesai terhadap akhir tahun 2021 ini. Namun termasuk melaksanakan uji transfer kekuatan sampai ketinggian 300 meter, ungkap seorang bagian proyek utama kepada sarana pemerintah China, Science Daily.

Stasiun di Bumi nantinya dapat bertugas mengumpulkan kekuatan matahari secara nirkabel dari pembangkit listrik panel surya di orbit.

Keunggulan proyek ini, tenaga surya dapat disatuka di antariksa tanpa tergoda apapun. Baik dari cuaca sampai malam hari, dikutip The Register, Kamis (26/8/2021) Baterai solar cell .

Pembangkit listrik disebut sebagai Bishan Space Solar Power Station Experimental Base atau Bishan Base. Lokasinya berada di distrik Bishan, berjarak 45 menit dari Universitas Chongqing.

Pangkalan Bishan ini direncanakan jadi sarana pembangkit listrik skala besar pertama di China. Yakni untuk menguji, mengintegrasikan pengamatan dan pengembangan langkah baru untuk memakai kekuatan matahari.

Sebelumnya, tempat itu masuk di dalam rencana terhadap 2010 telah diawali dan berhenti bersama adanya tekanan politik dan keuangan.

Saat ini, para peneliti termasuk membangun stasiun pembangkit listrik uji bersama skala kecil. Rencananya dapat digunakan terhadap 2030 mendatang.

Konsep panel surya yang memancarkan kekuatan nirkabel ke Bumi bukan pertama kalinya. Tahun 1941, Isaac Asimob menggambarkan teknologi itu terhadap cerita pendek fiksi ilmiah.

Sementara terhadap 1970an Peter Glaser terima paten untuk desain pengiriman kekuatan dari satelit untuk Bumi bersama memakai microwaves.

NASA termasuk telah melaksanakan eksplorasi rencana beberapa kali sebelumnya. Badan Antariksa Jepang (JAXA) termasuk telah mengembangkan sistem tenaga surya antariksa tahun 1998 dan masih berjalan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.